Wednesday, June 17, 2015

WASHI NINGYO - KERAJINAN BONEKA KERTAS JEPANG




Postingan kali ini, saya akan membahas kerajinan Washi Ningyo. Salah satu kerajinan kertas, bisa juga dibilang origami, yang cantik. 

Sekilas, saya share tentang apa itu Washi Ningyo.

Washi Ningyo berasal dari kata Wa yang berarti Jepang, dan Shi, yaitu kertas. Sementara Ning berarti orang, dan Yo adalah bentuk. Apabila disatukan Washi Ningyo berarti bentuk orang dari kertas. Washi Ningyo bisa memiliki penampilan tiga dimensi layaknya boneka pada umumnya. Sesuai tradisi, wajah boneka washi memang dibiarkan polos tanpa mata, hidung atau mulut.
Awalnya ningyou dibuat oleh orang tua pengantin wanita dan orang tua harus membuatpersiapan untuk pernikahannyatermasuk barang-barang rumah tangga sebagai adat tradisional Jepangdan boneka Jepang adalah salah satu dari mereka karena diyakini bahwa boneka Jepang dapat mengambil nasib burukyaitu untuk mengatakan, bonekaJepang adalah jenis kambing hitam untuk menghindari nasib buruk bagi pengantin. selain itu nihon ningyou juga bisa digunakan dalam perayaan hinamatsuri atau perayaan hari anak perempuan yang jatuh setiap tanggal 3 maret, dimana setiap rumah yang mempunyai anak perempuan harus menyusun ningyou dirumah mereka.

Susunan ningyou dalam perayaan hinamatsuri : 
Boneka diletakkan di atas panggung bertingkat yang disebut dankazari (tangga untuk memajang). Jumlah anak tangga pada dankazari ditentukan berdasarkan jumlah boneka yang ada. Masing-masing boneka diletakkan pada posisi yang sudah ditentukan berdasarkan tradisi turun temurun. Panggung dankazari diberi alas selimut tebal berwarna merah yang disebut hi-mōsen.

Tangga Teratas
Dua boneka yang melambangkan kaisar (o-dairi-sama) dan permaisuri (o-hina-sama) diletakkan di tangga paling atas. Dalam bahasa Jepang, dairi berarti "istana kaisar", danhina berarti "sang putri" atau "anak perempuan".

Tangga Kedua
Tiga boneka puteri istana (san-nin kanjo) diletakkan di tangga kedua. Ketiga puteri istana membawa peralatan minum sake. Boneka puteri istana yang paling tengah membawa mangkuk sake (sakazuki) yang diletakkan di atas sampō. Dua boneka puteri istana yang lain membawa poci sake (kuwae no chōshi), dan wadah sake yang disebut (nagae no chōshi). Gigi salah satu boneka puteri istana dihitamkan (ohaguro) dan alisnya dicukur habis.

Tangga Ketiga
Lima boneka pemusik pria (go-nin bayashi) berada di tangga ketiga. Empat musisi masing-masing membawa alat musik, kecuali penyanyi yang membawa kipas lipat. Alat musik yang dibawa masing-masing pemusik adalah taiko, ōkawa, kotsuzumi, dan seruling.

Tangga Keempat
Dua boneka menteri (daijin) yang terdiri dari Menteri Kanan (Udaijin) dan Menteri Kiri (Sadaijin) berada di tangga ke-4. Boneka Menteri Kanan digambarkan masih muda, sedangkan boneka Menteri Kiri tampak jauh lebih tua. Dari sudut pandang pengamat, Menteri Kanan berada di sebelah kiri, sedangkan Menteri Kiri berada di sebelah kanan.

Tangga Kelima
Pada tangga kelima diletakkan tiga boneka pesuruh pria (shichō). Ketiganya masing-masing membawa bungkusan berisi topi (daigasa) yang dibawa dengan sebilah tongkat, sepatu yang diletakkan di atas sebuah nampan, dan payung panjang dalam keadaan tertutup. Dalam boneka versi lain, pesuruh pria membawa penggaruk dari bambu (kumade) dan sapu



Karena pada zaman sekarang ini harga ningyou sangat mahal jadi banyak orang yang membuat replika boneka ningyou mulai dari ningyou dua dimensi sampai dengan ningyou tiga dimensi.


contoh ningyou dua dimensi :









Berikut saya share tutorial Ningyo 3 Dimensi : 
• kertas motif Jepang
• kertas Hitam krep kerajinan  (untuk rambut)
• kertas polos /berwarna
• karton
• jepitan kayu
• styrofoam bola
• kayu tusuk sate
• cat putih
• gunting
• lem



contoh ningyou tiga dimensi :







3 comments:

  1. Selamat siang, kalau mau beli kertas dan perlengkapan untuk buat washi ningyo dimana? Dan apakah bisa minta bantuan untuk jadi pengisi acara di SD untuk mengajarkan pembuatan Washi Ningyo? -Yusron, 08129435148?

    ReplyDelete
  2. Boneka ini bisa juga jadi boneka nusantara dan yg 2 dimensi bisa utk batas buku yg senang baca juga

    ReplyDelete
  3. Yuliar kartika yuliart collection

    ReplyDelete