Thursday, June 18, 2015

HYPER REALISTIC - RON MUECK

Lagi seneng ngeblog, waktu istirahat di kantor pun buat update di blog kesayangan...^___^
Pemain baru, masih pengen banyak share berbagai macam hal. Heeee
Kali ini, saya akan share tentang karya seni lainnya berupa patung. Seniman ini adalah salah satu favorit saya, karena karya hyper realistic nya yang sangat mengagumkan. Benar-benar mirip dengan manusia asli, dari detail sampai raut muka dan ekspresinya.



Adalah Ron Mueck, lahir di Melbourne Australia, kini bekerja di Inggris. Anak dari seorang pembuat mainan asal Jerman ini sudah terbiasa membuat mainan seperti puppet, monster, dan sebagainya sejak kecil. 

Awal kariernya adalah sebagai pembuat model dan dalang bagi film anak-anak di televisi, khususnya film "Labyrinth" staring Bowie. Mueck Pindah untuk mendirikan perusahaan sendiri di London, membuat foto-realistis props dan animatronics untuk industri periklanan. Ini akhirnya menuntunnya untuk menyimpulkan, "fotografi cukup banyak menghancurkan kehadiran fisik objek asli", dan sehingga ia berpaling kepada seni rupa, khususnya, patung.

Pada awal 1990-an, masih dalam iklan hariannya, Mueck ditugaskan untuk membuat sesuatu yang sangat realistis, dan dia pun mulai mencari tahu bahan apa yang cocok untuk digunakan. Lateks adalah biasa, tapi ia ingin sesuatu yang lebih keras, lebih tepat. Untungnya, ia melihat sedikit arsitektur dekorasi di dinding sebuah butik dan menanyakan kepada pemilik butik tersebut, sifat barang-barang berwarna merah muda. Fiberglass resin adalah jawabannya, dan Mueck telah membuatnya menjadi sebuah karya yg menakjubkan sejak itu.

Ini saya share sedikit foto saat tahapan pembuatannya:






Dan ini adalah hasil karya Ron Mueck yang mengagumkan:






















Mirip sekali dengan manusia asli bukan? Suatu anugerah bisa menghasilkan karya seni yang begitu menakjubkan.^_____^
Semoga besok masih bisa posting tentang hal-hal menarik lainnya ya?
Keep waiting....



No comments:

Post a Comment